Saturday, 27 February 2016
0 komentar

Bahas Persoalan Syariah, Ulama PKS Se-Indonesia Gelar Multaqo di Depok

February 27, 2016

Depok (26/2) - Sebanyak 176 pakar bidang syariah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Indonesia berkumpul di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat. Para anggota dewan syariah PKS ini membahas masalah-masalah syariah yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Wakil Ketua Dewan Syariah Pusat (DSP) PKS Rofi Munawwar Lc mengatakan, Multaqa Nasional Dewan Syariah PKS ini bertujuan untuk menyerap persoalan-persoalan syariah di wilayah masing-masing.

"Bangsa kita mengalami darurat yang luar biasa. Seperti penyimpangan perilaku seksual LGBT, narkoba. Dengan adanya multaqo kita bisa konsolidasi dan soliditas internal," ujar Rofi dalam pembukaan Multaqo Nasional Dewan Syariah PKS di Hotel Bumi Wiyata Depok, Jawa Barat, Jumat (26/2/2016).

Multaqo Nasional Dewan Syariah PKS dihadiri 176 anggota dewan syariah yang merupakan perwakilan dari Dewan Syariah Pusat (DSP) sebanyak 40 orang, dan Dewan Syariah Wilayah (DSW) sebanyak 136 orang. Multaqo bertema 'Ulama Berkhidmat untuk Umat dan Bangsa' ini digelar selama tiga hingga Ahad 28 Februari 2016 mendatang.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, Multaqo Nasional dewan syariah PKS ini menjalankan lima fungsi dalam konteks partai dakwah, selain menjadi forum pembahasan masalah syariah. Pertama, fungsi kedisiplinan.

Menurutnya, keberadaan lembaga dewan syariah dalam tubuh PKS untuk menjaga kedisiplinan anggota partai dalam beraktifitas sesuai syariah Islam.

Kedua fungsi keteraturan. Fungsi ini untuk menjaga keteraturan struktur partai. Ketiga, fungsi keterikatan. "Sinergi kita bukan sekadar sinergi fisik,  sinergi program tapi sinergi hati alias keterikatan hati," imbuhnya.

Keempat, lanjut Rofi, fungsi konsolidasi. Anggota Komisi IV DPR ini mengungkapkan banyaknya permohonan dari daerah untuk dibentuknya dewan syariah hingga tingkat kabupaten dan kota. Terakhir, fungsi mobilisasi.

"Tidak mudah namun kita bisa melakukannya. Kegagalan sebuah partai karena lemahnya konsolidasi," tambah Rofi.
Keterangan Foto: Wakil Ketua Dewan Syariah Pusat (DSP) PKS Rofi Munawwar Lc

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top