Wednesday, 17 February 2016
0 komentar

Keunikan Kalibiru Kulon Progo

February 17, 2016


Kalibiru adalah salah satu wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl.

Dari puncaknya pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan di bukit menoreh sekaligus dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit, bahkan jika cuaca cerah nampak di kejauhan putihnya ombak pantai selatan. Dari puncaknya juga, melihat ke arah timur terlihat hamparan dataran luas hingga nan jauh ke timur. Jika anda menginap malam, anda berkesempatan melihat sunrise dari puncaknya.

Desa Wisata Kalibiru Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kokap Kulon Progo DIY Kalibiru merupakan kawasan hutan yang dikelola masyarakat sekitar.

Area tempatnya cukup sejuk (saat pagi) dan juga cukup mudah dijangkau dengan kendaraan (namun harus hati-hati karena jalanan berbolek naik turun, mesin motor pun harus kuat ditanjakan curam). Fasilitas yang juga cukup baik, mulai dari tempat makan (harga makan standar, loo), tempat pertemuan, tempat menginap, masjid dan lainnya, tempat ini cocok untuk acara forum maupun outbound.

Di puncak kalibiru terdapat prasasti batu, menara pandang dan juga fly over.

Peta arah ke Wisata Alam Kalibiru
Dari jogja - wates - waduk sermo atau Jogja - Sentolo - Waduk Sermo. Untuk info lebih jelasnya rute dari jogja ke waduk sermo dapat Anda lihat melalui peta google maps di bawah .

denah wisata kalibiru kulon progo


Jalur-rute Alternatif ke Kalibiru

Selain melalui waduk sermo, kita juga bisa datang melalui Arah Clereng, namun jalurnya lebih sepi dan sedikit lebih jauh serta naik turun. (Rute: Jogja - Sentolo - Clereng - Kalibiru). Hati-hati saat musim hujan, jalan licin dan awas longsoran tanah, jalan berada di tebing. (http://wisata-kulonprogo.blogspot.ae)

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top