Breaking News

Mengubah Desa Narkoba Jadi Desa Alquran


Jakarta - Namanya Nurbaiti. Ia datang ke acara Milad PKS yang ke-19 di Hotel Grand Sahid Jakarta karena mendapatkan penghargaan PKS Award dengan kategori Organisasi Penggerak. Organisasi yang dibentuk Nurbaiti bernama Beting Cinta Quran. Beting adalah nama daerah di Pontianak,  Kalimantan Barat. 

Ia meneruskan kembali kalimatnya mengapa dirinya dianggap sebagai polisi atau intel ketika ketukan pintunya ke rumah warga tak bersambut ramah.

Kampungnya yang berdiri di atas sungai Kapuas, terkenal sebagai kampung narkoba. "Bukan kampung saya tapi kampung tetangga yang terkenal sebagai kampung narkoba," ujarnya di sela-sela puncak Milad 19 PKS di Jakarta, Ahad (30/4/2017).

Di sana,  di Beting, para pemudanya dikenal sebagai para pemakai, pengedar dan pembuat narkoba. "Mereka sulit mendapatkan pekerjaan karena KTP kampungnya Beting dikenal sebagai kampung narkoba," kisah Nurbaiti.

Maka, untuk mengurai benang kusut kesuraman itu, Nurbaiti mencoba melangkah untuk mengubah keadaan. "Kalau dibiarkan rantai itu tidak akan putus," ungkapnya.

Ia pun mengajak anak-anak untuk dibina dan mengaji. Awalnya para orangtua anak-anak banyak tak mendukung tapi berbagai cara ia coba akhirnya mereka mau. "Karena saya juga orang situ jadi mereka sedikit agak percaya," ujar Nurbaiti.

Waktu untuk menyembuhkan dari narkoba bukan waktu singkat dan pemerintah sudah bekerja hanya saja belum optimal. Ia pun mengadakan pertemuan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pemkot untuk permasalahan kampung Beting.

Hingga kini Beting Cinta Quran sudah berumur lebih kurang satu setengah tahun. Ia sadar masih perjalanannya masih sangat panjang. Mendapatkan penghargaan PKS Award sempat membuatnya tidak percaya hingga berulang kali bertanya,  "Serius? Sampai perasaan saya loncat-loncat he-he-he,"  ujarnya. 

Nurbaiti masih merasa belum pantas menerima penghargaan tersebut karena masih jauh dari kata layak dan masih panjang perjalanannya.  Ia menaruh harapan semoga PKS Award semakin memotivasi pemuda lain untuk terus menginspirasi sesama.  "Khidmatnya PKS luar biasa kepada rakyat," ujar Nurbaiti.

No comments

Tulis komentar Anda!