Saturday, 19 March 2016
0 komentar

Situs Warungboto, Pesanggrahan Tersembunyi Yang Mempesona

March 19, 2016




Situs Warungboto atau  Pesanggrahan Rejowinangun sepintas hanya terlihat seperti sisa-sisa bangunan rumah, bahkan mungkin akan melewatkannya saja karena menyangka bangunan tersebut merupakan bangunan biasa saja.
Pesanggrahan Rejowinangun merupakan salah satu pesanggrahan yang dibangun oleh Hamengku Buwono II. Pesanggrahan yang ada di sebelah Barat Sungai Gajah Wong ini berupa halaman dengan bangunan yang menglilingi dua buah kolam.
Kolam pertama terletak di bagian barat berbentuk bulat dengan sumber air di bagian tengahnya. Kolam ini berdiameter 4,5m dengan kedalaman 0,5m. Kolam kedua berada di sebelah timur kolam pertama dengan bentuk persegi panjang, kolan ini berukuran 10m dengan kedalaman 0,75m.
Saat mengunjungi Pesanggrahan Rejowinangun mungkin Anda akan teringat oleh taman sari yang lebih populer. Pesanggrahan yang dibangun pada tahun 1800-an ini sudah merancang taman beserta kolam yang sifatnya pribadi, dikelilingi oleh bangunan sekitarnya sehingga tidak terlihat dari luar.
Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa melewati beberapa alternatif jalan. Anda bisa melewati Jalan Kusumanegara hingga sampai di perempatan pabrik susu SGM, kemudian lanjutkan perjalanan dengan berbelok ke kanan. Situs Warungboto atau  Pesanggrahan Rejowinangun berada di sebelah timur jalan (kiri jalan) setelah Anda melewati jalan yang sedikit berbelok.
Pesanggrahan ini sangat mudah dijangkau dan bisa Anda dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya.
sumber :wongjogja.com

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top