Breaking News

Kekurangan Air Masih Jadi Persoalan Utama bagi Sebagian Besar Masyarakat Kulon Progo

Kedaulatan Rakyat, 25 Juli 2023


Disamping kebutuhan air rumah tangga, pemenuhan kebutuhan air untuk irigasi pertanian menjadi persoalan sangat penting untuk segera dicarikan solusinya.


Tingginya angka kemiskinan di Kulonprogo yang masih dikisaran 16% dari jumlah penduduk Kulon Progo, diyakini memiliki korelasi erat terhadap kurangnya kebutuhan air, utamanya untuk kebutuhan pertanian.


Banyak lahan pertanian di Kulonprogo yang tidak bisa maksimal melaksanakan 3 kali masa tanam karena kekurangan air untuk irigasi. Jika semua lahan pertanian di Kulonprogo bisa mendapatkan aliran irigasi optimal hingga masa tanam ketiga, ditambah dengan program cetak sawah baru yang dicanangkan pemerintah, kami yakin hal ini bisa menurunkan angka kemiskinan di Kulonprogo Secara signifikan.


Tugas pemerintah untuk menyediakan dan menjamin ketersediaan sumber air serta insfratruktur irigasi pertanian secara merata menjadi hal utama yang tidak bisa ditawar lagi. 


Pembangunan bangunan-bangunan penampung air serta perlindungan terhadap kawasan tangkapan air adalah jawaban untuk menjamin ketersediaan sumber air.


Pemerataan pembangunan insfratruktur pertanian juga harus dikebut, dengan kerjasama semua pihak sesuai kewenangannya, baik pemerintah kabupaten, propinsi, maupun pusat.


Karena seperti kita ketahui, bahwa banyak bangunan insfratruktur utama irigasi di Saluran Induk Irigasi maupun di  Saluran DI (Daerah Irigasi) saat ini banyak yg kondisinya rusak, seperti kebocoran, saluran tertutup longsoran dll.


Pembangunan Jaringan irigasi tersier di hamparan pertanian juga harus diprioritaskan untuk memastikan bahwa air irigasi bisa sampai ke petak sawah petani dengan optimal.


Selain itu, menjaga kelestarian lingkungan untuk menjamin ketersediaan air diwaktu yang akan datang, menjadi tanggung jawab kita semua untuk keberlangsungan kehidupan anak cucu kita.

Pembangunan Jaringan Irigasi Tersier KT Sidodadi 


#PKS Pelayanan Rakyat

#PKS Menang Bersama Rakyat

No comments

Tulis komentar Anda!