Breaking News

Siaga Bencana : PKS Asah Skill Relawan Siaga PKS


Wates (16/12) - Bencana menjadi hal yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun. Setaleh Siklon cempaka yang menenggelamkan sebagian wilayah Yogyakarta dan Jateng, tadi malam sekitar pukul 23.47 WIB terjadi gempa di sekitar Sukabumi dengan magnitude 6.9 SR setelah di koreksi BMKG yang tadinya tercatat 7.3 SR pada laporan di laman BMKG. 

PKS menilai ini menjadi sebuah kerawanan yang harus di cermati semua pihak. Melihat hal ini, PKS yang sudah sejak lama terlibat dalam kegiatan penanggulangan bencana, memandang perlunya makin meningkatkan skill para relawanan nya agar lebih baik. 
"Kami ingin para relawan ini punya skill yang baik, sehingga siap terlibat membantu dalam segala kondisi yang dibutuhkan" demikian di tuturkan Oktarina pada sela sela agenda Pelatihan Relawan Siaga PKS di Pendopo pertemuan Klopo X Bendungan Wates. 

PKS menyelenggarakan pelatihan Relawan Siaga PKS, pelatihan yang khusus di tujukan untuk para relawaan koordinator ini diikuti sejumlah kader yang dipilih khusus siap menjadi kordinator relawan yang memahami banyak hal tentang penanganan bencana. 

"Karena pelatihan ini di tujukan untuk koordinator, maka selain materi lapangan, juga materi materi yang sifatnya menejerial juga diberikan, seperti pengetahuan tentang UU penanggulangan bencana, tahapan pembentukan komando tanggap daarurat bencana juga struktur tanggap darurat tingkat kab/kota juga tentang pembentukan pusat penanganan bencana PKS", Oktarina memaparkan. 

Relawan Siaga PKS akan dipersiapkan "stand by" dalam kondisi dibutuhkan dalam keikutsertaan menanggulangi bencana yang terjadi. (ibnu) 

No comments