Breaking News

5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Upaya Ketahanan Pangan



Oleh : Humas PKS Kulon Progo


Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 16 Oktober. Tema tahun ini adalah Grow, Nourish, Sustain, Together. 

Hmm... Bicara tentang pangan selalu berkaitan dengan lingkungan alam dan lingkungan sosial, ya. Ketemu kelapran bagi jutaan orang setiap harinya sekaligus di sisi lain, obesitas telah menjadi epidemi global yang membunuh jutaan orang tiap tahunnya.

Speechless...

Oleh karena itu, sesuai tema menumbuhkan, memelihara dan melestarikan bersama, kita bisa memulai ketahanan pangan dari keluarga sendiri. Kalo nggak habis dikonsumsi sendiri, masih bisa untuk berbagi... hehe..

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan :

1. Tidak membuang-buang makanan

Tahukan kamu, Indonesia termasuk dalam penyumbang sampah makanan terbesar di dunia. Banyak orang nggak bisa makan di negeri ini, tapi sampah sisa makanan mendominasi? Kok bisa?


2. Membeli produk pangan lokal

Ngaruh? Iya dong, membeli pangan hasil produksi lokal bisa mendukung kesejahteraan orang di sekitarmu, sekaligus memperkecil energi dan waktu pengiriman. Efisien.. tur gak nganggo ongkir, kan?!


3. Menanam di kebun sendiri

Tidak rumit. Kamu bisa memulai dengan menanam kembali sisa sayuran dan bumbu di dapur. Selain itu berkebun tidak selalu membutuhkan lahan luas, bahkan di balkon mungil perkotaan tetap bisa.


4. Punya peliharaan yang bisa dimasak?

Seperti ikan lele di kolam mungil di taman, atau dua ayam petelur dan apa lagi kira-kira?


5. Mengolah sampah dapur

Sisa-sisa sampah pengolahan makanan lebih baik tidak kamu buang begitu saja. Kamu bisa memanfaatkannya untuk diolah menjadi kompos yang akan menyuburkan kebun sayurmu sendiri.


Nah, itu tadi sedikit bahasan mengenai pangan. Sudah siap menjalankan langkah kecil kamu?

Tak hanya menguatkan ketahanan pangan, kamu bisa turut melestarikan bumi dengan hidup berkelanjutan. 


No comments

Tulis komentar Anda!