Breaking News

Tetap Sehat, Bugar dan Cantik di masa Pandemi bersama Keluarga Tercinta (Webinar Perempuan PKS Kulon Progo)


 


Kulon Progo (17/7) -- Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) dan Barisan Putri Keadilan(Santika), Bidang Kepanduan (Bipandu) DPD Partai Keadilan Sejahtera Kulon Progo mengadakan webinar untuk perempuan PKS bertajuk Tetap Sehat, Bugar dan Cantik di masa Pandemi bersama Keluarga Tercinta, dengan narasumber seorang ahli kecantikan, Bunda Millati Kamaliah. S.Si. Dipl. Cidesco melalui kanal zoom meeting, Sabtu, 17 Juli 2021.

 

Dari berbagai tips sehat yang disampaikan, Bunda Millati Kamaliah selalu menekankan perihal olah mindset dan niat sebelum melakukan segala sesuatu termasuk olahraga, menjaga asupan makanan bahkan urusan kecantikan semata-mata karena Allah.

 

“Nanti saya akan dimintai pertanggungjawaban, bagaimana saya memaintenance fisik saya, apa yang sudah saya masukkan ke dalam tubuh (apa yang kita makan). Itu yang menjadi motivasi saya untuk berolaraga,” urainya ketika menyampaikan materi.

 

Antusiasme nampak dari 200-an peserta yang tergabung secara daring dengan berbagai pertanyaan yang dilayangkan begitu materi selesai disampaikan. Salah satunya tentang menjaga berat badan.

 

Berikut rumus menghitung Indeks masa tubuh (IMT) :

 

Berat badan/tinggi badan(m)2

 

IMT <18.5= underweight

IMT 18-25= normal

IMT 25.1-27=overweight

IMT >27 obesitas

 

Bunda Millati juga menyebutkan pentingnya berolaraga dan menjaga perilaku hidup sehat.

 

“Kita awet muda dan glowing gak melulu soal skincare, bisa ikhtiar dengan olahraga,” ujarnya “  Berdasar riset, orang yang depresi itu kurang dua neurotransmitter dalam sistem sarafnya, olahraga dengan interaksi ringan (seperti jogging misal) menyediakan dua neurotransmitter tersebut.”

 

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang sibuk pun, Ia memiliki contoh olahraga yang bisa tanpa mengurangi waktu, misal pergi belanja dengan berjalan kaki.

 

Di akhir paparannya, Ia kembail mengingatkan untuk sama-sama semangat memberikan hak fisik dan  ruh dengan seimbang. tawazun, semata mata karena Allah. Berolaraga agar bisa beribadah dengan lebih baik lagi, membaca qur’an dengan nafas lebih panjang, menjadi cantik di hadapan suami sebagai bentuk ibadah juga.

 

Sementara itu, Ketua Bidang Kepanduan, Rubi Al Jogjawy berharap peserta dapat menindaklanjuti kegiatan webinar ini dengan mengajak keluarga, orang-orang di sekitar rumah untuk olaraga bersama, menggerakkan badan agar terjaga kebugaran, minimal 30 menit dalam sehari, apapun bentuk olaraganya, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. Terlebih lagi bisa membuat kelompok kelompok kebugaran di lingkungan sekitar sebagai wujud usaha melanjutkan rantai kebaikan.

 

Webinar perempuan PKS ini, disampaikan oleh Endang Purwanti, S.Sos. selaku ketua BPKK PKS Kulon Progo merupakan rangkaian dari hari keluarga yang jatuh pada 29 Juni lalu, sehingga tema tidak terlepas dari peran perempuan dalam keluarga di masa pandemi.

 

Suharmanta, S.Pd., S.E., M.M, Ketua DPD PKS Kulon Progo mengapresiasi diadakannya kegiatan ini, dalam sambutannya juga ia menyampaikan sebuah hadis “ “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari).

 

“Situasi pandemi, kita banyak berdiam di rumah dalam rangka memutus rantai pandemi dan bersama keluarga, bersama putra-putri bisa beraktivitas di rumah, melakukan hal yang disukai. Maka perlu diseimbangkan dengan hal-hal yang bermanfaat, terutama menjaga kesehatan.”

(Nan)

No comments

Tulis komentar Anda!